Sultan: Yang Sebut Syiah Sesat Merasa Benar Sendiri

BERBAGI
Sri Sultan Hemengku Buwono X (foto: indonesiamedia)
Sri Sultan Hemengku Buwono X (foto: indonesiamedia)
Sri Sultan Hemengku Buwono X (foto: indonesiamedia)

 

 

Yogyakarta-berita9online, Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sultan Hamengku Buwono X menyatakan tidak mengambil posisi untuk menyatakan Syiah itu sesat atau tidak. Sultan mengatakan tudingan yang menyatakan Syiah sesat hanya dilakukan sepihak oleh kelompok organisasi massa tertentu.

 

“Yang mengatakan sesat kan yang merasa benar sendiri. Kalau Syiah-nya kan enggak merasa sesat,” kata Sultan saat ditemui di Kepatihan Yogyakarta, Kamis sore, 19 Desember 2013.

 

Pada Kamis kemarin, Front Jihad Islam mendatangi kantor Majelis Ulama Indonesia DIY. Front Jihad Islam meminta MUI mengeluarkan fatwa sesat bagi kelompok Syiah.

 

Dalam soal kemungkinan menjadi mediator untuk menyelesaikan persoalan tersebut, Sultan mengatakan sudah ada pihak yang melakukan mediasi. Pihak itu adalah MUI DIY. Namun, saat dikemukakan perannya sebagai kepala daerah mengingat konflik horizontal tersebut terjadi di DIY, Sultan menyatakan bukan gubernur tidak punya wewenang.

 

“Ya, betul (di DIY). Tapi, itu kan masalah agama. Kewenangan pusat,” kata Sultan sambil buru-buru menutup pintu mobilnya. (tempot)

TIDAK ADA KOMENTAR

Tulis Komentar

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.