Pesantren Harus Ikuti Perkembangan Zaman

BERBAGI
gbpring
KH. Syamsudin Tohir
gbpring
KH. Syamsudin Tohir

Pagelaran, Ribuan Jamaah memadati Halaman Pondok Pesantren Madinatul Ilmi Pagelaran, Kabupaten Pringsewu, Lampung, dalam rangka menghadiri akhirussanah para santri Pondok Pesantren tersebut, Ahad (05/05/13). Kegiatan yang merupakan event tahunan ini diawali dengan penampilan dari para santri melantunkan sya’ir sya’ir kitab kuning di setiap kelasnya.

Dalam sambutannya, Pengasuh Pondok Pesantren Madinatul Ilmi KH. Muhammad Nur Aziz mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu terselenggaranya kegiatan ini. KH Muhammad Nur Aziz juga mengharapkan kepada alumni untuk dapat meneruskan dalam menuntut ilmu ke jenjang yang lebih tinggi dan dapat menyebarkan ilmu yang bermanfaat bagi orang disekitarnya.
Pondok Pesantren Madinatul Ilmi merupakan Pondok Pesantren yang dirintis oleh KH. Muhammad Nur Aziz yang merupakan kyai muda alumni Pondok Pesantren Jawa Timur. Disamping mengelola pendidikan diniyah salafiyah, Pesantren ini juga mengelola lembaga pendidikan formal yaitu SMK YAPEMI. Para santri datang dari segenap penjuru Provinsi Lampung
Dalam mauidzatul hasanahnya, KH. Syamsuddin Thohir, mantan Rais Syuriyah PWNU Provinsi Lampung, menyampaikan beberapa hal mengenai keberadaan Pesantren yang mulai dan harus menyesuaikan dengan perkembangan zaman. Banyak pesantren sekarang yang membuka pendidikan formal. Menurut beliau Pondok Pesantren sudah ada sejak Nabi Ibrahim ketika Nabi Ibrahim meminta keturunan yang sholeh. ” pesantren itu tempat untuk menyiapkan anak yang sholeh untuk meneruskan tongkat estafet kepeminpinan yang sudah tua ini.” tambah beliau.
Nampak hadir dalam acara tersebut Bupati Pringsewu KH. Sujadi Saddad yang juga mustasyar PCNU Kabupaten Pringsewu. Dalam sambutannya abah, panggilan akrab KH. Sujadi Saddad, menyatakan apresiasi kepada pesantren yang diusia yang masih sangat dini dapat dengan istiqomah membina para santrinya. Beliau juga mengatakan bahwa pemerintah daerah sudah menganggarkan APBD yang akan diberikan kepada Pesantren yang ada di Kabupaten Pringsewu. ( Muhammad Faizin )

TIDAK ADA KOMENTAR

Tulis Komentar

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.