Generasi Muda NU Karangploso Yang Penuh Semangat

BERBAGI
Peserta pelatihan kader IPNU-IPPNU Mts Karangploso
Peserta pelatihan kader IPNU-IPPNU Mts Karangploso
Peserta pelatihan kader IPNU-IPPNU Mts Karangploso, Malang.

Malang, Jika generasi muda nahdliyin saat ini tidak tertarik berkiprah di NU, bahkan tidak mengenal NU, Apa yang akan terjadi pada 30 tahun yang akan datang? Kehancuranlah mungkin yang akan kita lihat. Naudzubillah.

Kekahawatiran itu mungkin akan tertepis jika melihat IPNU-IPPNU komisariat MTs Nahdlatul Ulama, Kepuharjo Karangploso. Minggu, 12 Mei 2013 lalu mereka menggelar pelatihan keorganisasian. Tema yang diusung ‘al-Baatilu binidzam qad yaghlib al-haqqa bilaa nidzam’ (Kebatilan yang terorganisir kadang bisa mengalahkan kebenaran yang tidak terorganisir). Tema dikutip dari maqalah Ali bin Abi Thalib. Mungkin saja mereka tidak mengerti maksud tulisan itu, tetapi terdapat harapan bahwa hal itu menunjukkan semangat anak-anak yang baru menginjak belasan tahun untuk merapatkan barisan dalam sebuah organisasi NU atau dalam bentuk apapun mereka berperan saat ini.

Kecerian terlihat dari jalannya acara pembukaan. Dimulai sekitar pukul 08.00 WIB, ketua-ketua komisariat berani tampil memberikan sambutan, meskipun dengan membaca teks, akan tetapi terlihat jelas semangatnya. Begitu juga saat sambutan Ketua PAC IPNU Karangploso; Bang Setiawan naik ke atas panggung sederhana yang mereka atur sendiri dekorasinya tanpa bantuan siapapun; sontak tepuk tangan meriah langusung diberikan. Di sela-sela pembicaraannya; sering terdengar gemuruh tepuk tangan para peserta yang berjumlah 100an orang itu. Setiawan mengapresiasi baik apa yang diselenggarakan PK IPNU-IPPNU MTs Nahdlatul Ulama Karangploso. “Kami acungkan jempol pada Pimpinan Komisariat IPNU-IPPNU MTs NU Karangploso karena telah melaksanakan kegiatan ini, bahkan tanpa bantuan kami pengurus PAC. Dan kami mohon maaf jika selama ini kurang perhatian pada Komisariat.” demikian pidatonya yang langsung disambut tepuk tangan meriah yang hadir.

Acara itu diselenggarakan mereka secara mandiri. Meskipun ada dana yang diberikan madrasah, akan tapi yang patut diacungi jempol; paling tidak inisiatif, ide dan segala pekerjaannya, merekalah yang berkiprah. Bahkan mereka turut mengundang peserta dari sekolah dan madrasah lain. Melihat, aktifitas peserta didik yang positif ini, madrasahpun menyambut positif juga.

Dalam pelatihan, para peserta mendapatkan materi-materi yang berisikan teori tentang keorganisasian dan bagaimana bergerak dalam sebuah organisasi seperti IPNU-IPPNU. Pemateri yang mereka undang adalah Umi Salamah; seorang Guru MI, yang mana ia juga adalah alumnus aktifis IPPNU dan kini sudah berkiprah di jenjang yang lebih tinggi.

Kegiatan selesai sekitar jam 14.30 Wib menjelang Asar, dengan materi penutup dari pihak IPNU Karangploso sendiri. Semoga NU berjaya untuk selamanya dengan munculnya anak-anak muda bersemangat seperti mereka, di seluruh Indonesia. Bersemilah-bersemilah tunas-tunas NU, tumbuh subur-tumbuh subur kau harapan NU. Masa depan di tanganmu untuk meneruskan perjuangan. Bersemilah-bersemilah tunas-tunas NU. (ank)

4 KOMENTAR

  1. bravo,,,,adik2 ku anggota IPNU-IPPNU PKMTsNU karangploso malang,,,,NU kedepan adalah tanggung jawab anak2 muda sekarang,mudah2han dengan pelatihan ini adik2 ku bisa berbekal diri menjadi generasi penerus yg berkualitas di masa yang akan datang…amiin

  2. Semangat Tabarrukan dan Terbarukan
    Kegiatan yang sangat tepat dan bermanfaat untuk membentuk karakter mulia generasi muda…
    Awal yang baik dan harus didukung oleh semua pihak…
    Maju terus adik2 PK IPNU-IPPNU MTs Nahdlatul Ulama Kepuharjo Karangploso Malang..
    Masa depan ada ditangan kalian…
    SELAMAT BELAJAR…BERJUANG…dan BERTAQWA…

  3. Pemuda Hari Ini…Pemimpin Hari Esok…
    Kami ucapkan Selamat kepada Rekan dan Rekanita PK IPNU-IPPNU MTs Nahdlatul Ulama Kepuharjo Karangploso Malang yang telah melaksanakan Pelatihan Organisasi demi terciptanya Generasi Muda NU yang melek dan sadar akan pentingnya berorganisasi yang baik dan menjadi kader militan untuk membela dan memeperjuangkan ASWAJA ANNAHDLIYAH pada masa yang akan datang…
    Jayalah IPNU-IPPNU…
    Syubban al-yaum….Rijal al-Ghad…

Tulis Komentar

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.