Beranda Daerah

Muslimat Kota Malang Cetak Kader Da’iyah

BERBAGI
gbmuslimat

gbmuslimat

Malang, Pengurus Pimpinan Cabang Muslimat Kota Malang memiliki program kegiatan yang bisa dinilai progresif dalam mencetak dan membina kadernya menjadi seorang da’iyah yang handal. Mereka membentuk sebuah kelompok diskusi yang ‘mirip’ dengan cikal bakal NU zaman dahulu: Tashwirul Afkar; dengan nama: Himpunan Daiyah Muslimat (HIDMAT).

 

Kelompok diskusi ini sudah terbentuk lumayan lama, sekitar tahun 2003. Kegiatan yang dilaksanakan HIDMAT adalah mendiskusikan suatu masalah yang terjadi dalam kehidupan masyarakat yang mereka temui. Seperti dalil-dalil tentang Shalawatan, Tahlil dan lain sebagainya yang menjadi kebudayaan di lingkungan NU.

 

“Dalam Kelompok Diskusi ini acaranya adalah membicarakan dan memecahkan masalah yang ada dalam masyarakat. Termasuk membahas budaya-budaya NU yang umum berjalan di tengah-tengah mereka sekaligus mencari dalil-dalilnya.” Kata HJ. Nashiroh, salah seorang anggota Muslimat PAC Blimbing. Saat ditemui berita9online pada 18 Mei 2013.

 

Diskusi ini dilaksanakan di Kantor Cabang Muslimat Kota Malang pada setiap Jum’at kedua setiap bulan. Dihadiri oleh utusan-utusan semua PAC yang ada di sana dan beberapa utusan Ranting.

 

Karena merupakan program dari Pimpinan Cabang, maka program ini dibimbing dan berada dibawah pembinaan mereka. Dalam setiap acara pihak Pengurus Cabang mendatangkan seorang pemateri. Tokoh-tokoh seperti KH Chamzawi, Rois Syuriyah NU Kota Malang, dan Hj Tutik Hamidah seorang Dosen UIN Maliki Malang pernah menjadi pemateri diskusi ini.

 

Tujuan dari program diskusi ini adalah, selain untuk menambah wawasan Ke-NU-an anggota dan kader-kader Muslimat yang ada di PAC, dalam skala lebih besar adalah untuk melatih mental mereka dalam menghadapi rong-rongan dari organisasi-organisasi lain yang kini tengah gencar terhadap NU.

 

“Diskusi ini diadakan, selain untuk menambah wawasan para anggota akan NU, tapi juga untuk melatih mental mereka dalam berdiskusi melawan oraganisasi lain yang tengah banter menggerogoti NU”. Kata Nashiroh. (AN Kholis)

4 KOMENTAR

  1. Muslimat Kota Malang memang maju, kegiatannya banyak yang menarik. syangnya kurang ter-ekspos.

  2. Bpk/Ibu saya mau minta alamat distributor air kemasan merk MUSLIMAT karena saya sangat tertarik dan mau bergabung menjadi agen. trims

Tulis Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.