Beranda Daerah

Malang: Halal bi Halal dan Sumbangan 3000 Duafa’ Di Masjid Sabilillah

BERBAGI
gb. masjid sabilillah
Masjid Sabilillah, Malang (gb. flickr)
gb. masjid sabilillah
Masjid Sabilillah, Malang (gb. flickr)

Malang-berita9online, Yayasan Masjid Sabilillah mengadakan acara halal bi halal pada hari Ahad, 18 Agustus 2013. Bertempat di lapangan depan Masjid Sabilillah, Bilmbing, Kota Malang, halal bi halal tersebut dilaksanakan dalam rangka merayakan hari raya Idul Fitri 1434 H. Sekitar 300 orang lebih hadir di sana.

 

Acara dimulai pukul 08.30 WIB, diawali pembacaan Shalawat Simtud Dhuror oleh kelompok Shalawat Remaja Masjid Sabilillah. Sedangkan acara inti dimulai satu jam kemudian pukul  09.30 WIB, dimulai dengan pembukaan dan pembacaan Ayat-ayat Suci Al-Qur’an. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan oleh KH Mas’ud Ali sebagai Ketua Umum Yayasan Masjid sabilillah.

 

Dalam sambutannya, KH Mas’ud Ali menyampaikan bahwa tujuan dilaksanakannya halal bi halal adalah untuk mempererat tali silaturrahim antara pengurus yayasan dan semua elemen yang ada di Sabilillah dengan masyarakat.

 

“Maksud dan tujuan Halal bi Halal ini kami adakan, tidak lain adalah untuk mempererat tali silaturrahmi diantara kita Masjid Sabilillah, Mulai dari Pengurus Takmir, Para Khatib dan Imam Shalat juga para staf dengan masyarakat. Dan ini merupakan kesempatan kita untuk saling memaafkan.” Tutur Kiai yang pernah menjabat sebagai Kepala Departemen Agama Kabupaten Malang itu.

 

Yang menarik dari sambutannya kiai Mas’ud, ia juga memaparkan program-program yang telah dilaksanakan Sabilillah selama bulan Ramadhan. Salah satu diantaranya adalah: 1) I’tikaf bersama sejak malam ke-16 Bulan ramadhan yang dimulai jam 12 malam hingga waktu sahur; 2) Sumbangan dari donatur yang diselenggarakan di Masjid sabilillah pada 3000 (tiga ribu) orang Dhu’afa.

 

“Al-Hamdulillah, selama bulan Ramadhan tahun ini, Program i’tikaf yang kami laksanakan mampu menghadirkan banyak orang, hampir menyamai jamaah shalat jum’at. Di halaman masjid yang sekarang anda tempati ini, penuh dengan mobil para jamaah yang berpartisipasi.” Tuturnya.

 

“Selain itu, ada berita yang membahagiakan, ada seorang donatur yang tidak mau disebutkan namanya. Beliau dari Kalimantan. Menyatakan ingin bekerjasama dengan Masjid Sabilillah untuk memberikan zakatnya pada para dhu’afa. Kemudian, pada waktu yang telah ditentukan berdatangan tidak kurang dari 3000 dhu’afa berkumpul disini. Alhamdulillah acara ini juga berjalan dengan lancar.” Tambahnya.

 

Setelah Kyai Masud memberikan sambutannya, acara dilanjutkan dengan ceramah agama yang disampaikan oleh KH M Tolchah Hasan setelah memberikan mau’idzah selama lebih kurang satu setengah jam. Acara ditutup dengan doa oleh KH Noor Shodiq Askandar. Pada akhir acara para hadirin saling bersalam-salaman diantara mereka dan para ulama yang hadir, untuk kemudian menikmati hidangan ramah-tamah yang telah disediakan oleh panitia.(Ahmad Nur Kholis)

1 KOMENTAR

  1. subhanalloh,,,,mudah mudahan Alloh membalas pahala orang yang telah menyumbangkan sebagian harta untk para dluafa’,,,,,

Tulis Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.