Beranda Daerah

LTNNU Pringsewu Gelar Workshop IT

BERBAGI
gb. workshop

gb. workshopPringsewu–berita9online, Workshop kupas tuntas IT berbasis internet  yang digelar Lajnah Ta’lif wa Nasyr Nahdlatul Ulama (LTNNU) Pringsewu mulai Rabu (12/6) diharapkan  menjadi jembatan terwujudnya generasi berkarakter, maju, dan mendunia.

Ketua Pelaksana Fathurrahman mengatakan, kegiatan yang mengambil tema Melalui IT Kita Bangun Generasi Pringsewu yang berkarakter, Maju, dan Mendunia ini, hasil kerja sama antara Telkomsel, FIF Group, dengan percetakan Kilimanjaro dan Majalah Aswaja, diikuti 250 peserta.

”Pesertanya terdiri guru/TU SD, SMP, SMA sederajat, santri, mahasiswa, pelaku usaha, pegiat IT, dan masyarakat umum,” jelasnya.

Untuk materi yang diberikan yakni berinternet sehat dan berkarakter, membuat website dalam waktu satu  jam online, mengenal program Php basis Cms WordPress. Kemudian mengenal hosting online dan aplikasinya, mempelajari skrip siap pakai dari softacolus, serta pembuatan radio streaming aplikatif.

Dalam pelatihan yang mendapat dukungan dari Pemkab Pringsewu, Dinas Pendidikan, Budaya, dan Pariwisata, serta Dinas Komunikasi dan Informasi ini dibuka Bupati Pringsewu Sujadi Saddad. Pengurus LTNNU Pringsewu, Mustanir dan Faizin, menambahkan, pelatihan digelar selama dua hari yang berakhir Kamis (13/6).

Menurutnya, perkembangan zaman yang makin maju dan canggih berdampak pada dua sisi, positif  sekaligus negatif. Hal ini  menyangkut perilaku dan gaya hidup manusia. Era informasi dan teknologi menghadirkan kemudahan dan kecepatan bagi aktivitas juga produktivitas penggunanya.

”Tidak hanya di perkotaan. Tapi pelosok desa. Tidak saja perorangan, lembaga seperti  institusi pemerintah maupun sekolah, pesantren, dan korporasi baik perbankan maupun dunia industri hingga warung kopi sekalipun,” terangnya. Sehingga lanjutnya  teknologi dan informasi saat ini menjadi media paling efektif bagi perkembangan dan peradaban suatu masyarakat.

Dua sisi ini berpotensi mendatangkan kemanfaatan dan kemajuan bagi peradaban namun bisa juga mengundang bencana seperti dekadensi moral, cyber crime dan kehancuran bagi masyarakat itu sendiri jika tidak terkelola dengan baik atau tanpa adanya niat baik. “Termasuk bagi insan muda pringsewu sebagai penerus generasi dan tumpuan harapan kemajuan peradaban tentunya diharapkan mempunyai pengetahuan dan keahlian di bidang teknologi dan informasi (IT) secara benar dan proporsional,” harap Faizin. ( Muhammad Faizin )

Tulis Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.