Lesbumi Komitmen Lestarikan Tradisi

BERBAGI
gbleskomang

gbleskomangJepara, Lembaga Seni Budaya Muslim Indonesia (Lesbumi) mempunyai komitmen untuk melestarikan tradisi kebudayaan yang berkembang pada masyarakat. Lesbumi merupakan bagian dari sebuah gerakan pemikiran, politik dan strategi kebudayaan dalam melawan globalisasi dengan berupaya memperkuat tradisi.

“Lesbumi tidak hanya membuat produk-produk seni, nanti kesannya menjadi event organizer yang hanya bisa mengecilkan Lesbumi“,kata ketua PP Lesbumi Alex Komang saat ditemui berita9online pada sebuah kegiatan budaya di Jepara, beberapa waktu lalu.

Alek mengatakan masyarakat pedesaan banyak potensi tradisi budaya atau kearifan lokal yang harus ditumbuhkembangkan kembali. Masyarakat harus didorong mengenal dan mencintai potensi tradisi budayanya sendiri sehingga tetap berkembang lestari.

“Salah satu cara untuk nguri-nguri dan melestarikan tradisi dengan adanya sebuah kegiatan kebudayaan dengan menunjukkan potensi tradisi di pedesaan tersebut.”imbuhnya.

Alex menilai dalam pembangunan seharusnya mengedepankan kultur. Karena Pembangunan termasuk politik (siyasah) merupakan produk kebudayaan.“Dalam membangun, kedepankan dulu kultur masyarakat,”tegasnya singkat.

Terkait animo masyarakat terhadap tradisinya sendiri, Artis ternama ini mengapresiasi akan antusiasmenya. Menurut Alex, masyarakat tidak hanya berperan sekedar menikmati atau menonton melainkan juga berpartisipasi membantu proses kebudayaan.

Beberapa waktu lalu, Alex komang pulang ke kampung halamannya bersama Suara Kita foundation turut meramaikan prosesi kegiatan kebudayaan dalam rangka hari jadi kota Jepara. Berbagai seni tradisi di kota ukir dipentaskan dalam panggung besar diantaranya perang obor,kupatan dan lainnya.(Masqom)

TIDAK ADA KOMENTAR

Tulis Komentar

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.