Kader Muda NU Harus Mampu Perbaiki Bangsa

BERBAGI
nulgo

nulgoMalang, Kondisi politik Indonesia saat ini belumlah stabil, alias masih kacau. Pasalnya, banyak para wakil kita yang duduk di kursi DPR hanyalah memprioritaskan kepentingan pribadi dan jangka pendek. Setidaknya, itulah yang bisa ditangkap dari kuliah Wawasan Kebangsaan PKPNU, hari Selasa, 30 April 2013.

Dalam kuliah 2 (dua) jam bertajuk: “Fakta, Realita Peran dan Fungsi DPRD Dalam Penyelenggaraan Pemerintahan” ini, Drs. Fatchullah, memaparkan berbagai sisi-sisi strategis kedudukan DPRD dalam penyelenggaraan pemerintahan. Namun menurutnya, posisi yang baik itu tidak dibarengi dengan kesiapan kita sebagai rakyat untuk memainkan peran itu.
“Pada saat ini, persyaratan menjadi anggota DPR sangat mudah, hanya asal kita lulusan SMA, ditambah memiliki pengikut dan uang yang banyak, sudah bisa jadi. Tapi setelah jadi DPR tidak bisa melaksanakan tugas dan fungsi yang diembannya, karena pengetahuan tentang Ilmu Pemerintahan sangat kurang.” Jelasnya.

Lebih jauh, mantan anggota DPRD Kota Malang dari fraksi PKB ini mengatakan bahwa, para Anggota legislatif saat ini menjadi hilang ideologi politiknya, karena sejak mencalonkan sudah bermain money politic. Sehingga setelah jadi ia akan hanya berpikir bagaimana modalnya kembali.

Kepada para kader, ia menanamkan pandangan bahwa; sebenarnya, menjadi wakil rakyat bukanlah untuk tujuan penghasilan. Dan mengemban amanat rakyat dengan duduk di legislatif dengan cara yang jujur, tidak akan membawa seseorang menjadi kaya.
“Tidak apa-apa kader NU aktif di legislatif lewat partai manapun, yang penting harus mempunyai ideologi dan pendirian yang kuat. Dan tidak termakan oleh kepentingan sesaat. Dan itu sangatlah berat dan sulit.” Demikian imbuhnya.

Akan tetapi, di akhir pembahasan, ia berharap supaya kader-kader pemimpin NU saat ini mampu menjadi pemimpin yang baik di masa depan. “Kita tahu bahwa permasalahan Indonesia ini tidak akan selesai saat ini, tapi semoga bisa selesai dengan kepemimpinan kalian dimasa yang akan datang.” Demikian imbuhnya. (ank)

TIDAK ADA KOMENTAR

Tulis Komentar

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.