Beranda Daerah

Halaqoh Aswaja NU Sumedang

BERBAGI
Halaqoh Aswaja PCNU Sumedang
Halaqoh Aswaja PCNU Sumedang
Halaqoh Aswaja PCNU Sumedang

 

 

Sumedang-berita9online, Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Kabupaten Sumedang pada hari senin, 20 Januari 2014 mengadakan halaqoh ulama aswaja di Hotel Hegar Manah Sumedang. Kegiatan halaqoh ini merupakan merupakan kegiatan yang kesekian kalinya dilaksanakan di Sumedang dengan mengambil tema Revitalisasi Aswaja sebagai Ruh Gerakan Dinamisasi Nahdlatul Ulama sebagai Organisasi yang Mengakar di Sumedang.

 

Para peserta yang hadir dalam kegiatan halqoh ini yaitu dari Pengurus PCNU Kabupaten Sumedang 10 orang, Ketua Banom, Lajnah dan Lembaga PCNU Sumedang 15 orang, Pengurus MWC NU se-Kabupaten Sumedang 126 orang, Kepala Sekolah/Madrasah/Diniyah 59 orang, dan Pengajar Mulok Aswaja MI, MTs, SMP, SMA, MA dan SMK yang berada di lingkungan LP Ma’arif Sumedang 40 orang.

 

Ketua PCNU Kab. Sumedang, KH. Sa’dulloh, SQ., M.M.Pd. dalam sambutannya mengatakan bahwa tujuan mengadakan halaqoh aswaja ini yaitu mewujudkan kader aswaja yang memiliki kesadaran dalam mempekokoh pilar kebangsaan dan bernegara, menghasilkan pemikiran peserta yang memiliki pola fikir ahlusunnah waljamaah dalam menyikapi fenomena islam transnasional, membangun substansi pemahaman Islam sebagai rahmatan lil ‘alamin, merumuskan arah gerakan kader ahlusunah wal jama’ah di nusantara, peserta memahami pentingnya visi dan tujuan ahlusunnah waljamaah yang toleran dan plural, peserta memahami kerentanan konflik horizontal dan vertikal yang diakibatkan oleh gerakan islam transnasional liberalisme, fundamentalisme islam dan radikalisme islam, terciptanya gerakan masyarakat yang memiliki wawasan multikulturalisme guna mewujudkan persatuan indonesia, dan menghasilkan pemikiran peserta yang memiliki cara pandang ahlusunnah waljamaah dalam menyikapi fenomena Islam transnasional.

 

Materi yang disajikan tidak hanya seputar aswaja dan NU saja, tapi dimasukan juga materi seperti peta NKRI dan gerakan perlawanan terhadap terorisme berbasis ormas yang narasumbernya langsung Kapolres Sumedang, materi peran serta ormas dalam menyukseskan pembangunan Sumedang nara sumbernya Kepala Kesatuan Bangsa, serta materi Sosialisasi tentang peran pengawas pemilu yang pematerinya ketua panwaslu Kab. Sumedang.

 

Kegiatan halaqoh dibuka pukul 08.00 oleh bupati Sumedang, H. Ade Irawan, M.Si. yang kebetulan Bupati Sumedang yang baru dilantik satu minggu yang lalu ini merupakan warga NU. Beliau mempunyai komitmen untuk terus membantu mengembangkan NU di Kabupaten Sumedang. Dan sore harinya pukul 17.00 ditutup oleh ketua PWNU Provinsi Jawa Barat, Dr. H. Eman Suryaman, MM.

 

Tulis Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.