Berbagai Kegiatan PMII Sambut Tahun Baru Hijriah

BERBAGI
(foto: bagindo armaidi)
(foto: bagindo armaidi)
(foto: bagindo armaidi)

 

Pariaman-berita9online, Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Kota Pariaman gelar berbagai kegiatan memeriahkan 1 Muharram 1435 Hijriyah, Selasa (5/11/2013). Masing-masing hiking, lomba orasi dan futsal yang diikuti sekitar 50 kader PMII Pariaman.

 

Menurut Ketua PMII Kota Pariaman Idris, hiking dimulai dari Tandikek dengan finish di Anai Resort yang ditempuh selama 3 jam perjalanan. Walaupun diguyur hujan, peserta tetap semangat dan penuh keakraban.

 

Terpilih sebagai peserta hiking terbaik Sepra Putra. Sedangkan lomba orasi yang hanya khusus diikuti kader PMII perempuan bertemakan tahun baru Hijriah. Juara I diraih Melysa dengan nilai 260, juara II diraih Pia Maisari nilai 235 dan juara III Witri Yeni dengan nilai 230. Permainan futsal keluar pemain terbaik Ismet, peserta gokil Jupmaidi Ilham dan pemain top skor Zalkairi.

 

Ketua Panitia Rahim Saputra didampingi sekretarisnya Yola Apriani mengatakan, kegiatan ini dimaksudkan untuk memeriahkan penyambutan tahun baru. Selama ini generasi muda cenderung hanya memeriahkan tahun baru 1 Januari.

 

“Kita ingin memberikan makna dan arti tersendiri pergantian tahun baru hijriah ini kepada kader PMII Kota Pariaman. Sehingga mereka tidak akan melupakannya karena ada momen ketika beraktifitas di PMII Kota Pariaman,” kata Yola Apriani.

 

Keterangan foto:

Foto bersama para pemenang lomba, pengurus PC PMII Kota Pariaman dan sebagian peserta di Anai Resor, Selasa (5/11/2013)

 

Pesantren Miftahul Istiqomah Sungai Asam Sambut 1 Muharram Dengan Zikir Bersama

Sungai Asam,

Pondok Pesantren Pesantren Miftahul Istiqomah Cubadak Nagari Sungai Asam Kecamatan 2 x 11 Enam Lingkung Kabupaten Padangpariaman sambut 1 Muharram 1435 Hijriyah dengan menggelar zikir bersama, Selasa (5/11/2013) malam dini hari. Zikir juga dibarengi dengan shalawat, penampilan qori yang pernah meraih prestasi di berbagai MTQ baik tingkat Kabupaten, Propinsi maupun nasional.

Zikir dipimpin langsung oleh Pimpinan Pondok Pesantren Miftahul Istiqomah Cubadak Buya Musawir Tuanku Kuning. Zikir berlangsung saat pergantian tahun Hijriyah dari 1434 ke 1435, tepat pukul 00.00 WIB. Hadir Rais Syuriah PC NU Padangpariaman Syahril Tuanku Sutan dan Ketua Tanfizdiyah Abdul Hadi.

Sebelum zikir, Bupati Padangpariaman Ali Mukni saat penyampaikan arahannya menyebutkan peringatan 1 Muharram dalam rangka memeriahkan tahun baru Hijriyah perlu terus dibudayakan setiap tahun. “Insya Allah ini kita jadikan kegiatan rutin setiap 1 Muharram. Menyambut tahun baru Hijriyah dengan zikir bersama,” kata Ali Mukhni.

Bupati Ali Mukhini jug mengajak jamaah dan masyarakat Kabupaten Padangpariaman agar selalu meningkatkan iman dan takwa kepada Allah Swt. “Dengan bertambahnya usia atau berkurang dengan pergantian tahun baru ini, yang penting sejauhmana usia tersebut dapat diisi dengan peningkatan berubudiyah kepada Allah Swt. Buat apa umurnya panjang, tapi engkar kepada Allah Swt.

Ketua Panitia Zikir Bersama Syafrizal Tuanku Bagindo menyebutkan, zikir ini selain dihadiri para santri dan alumni Pesantren Miftahul Istiqomah, juga jamaah, tokoh masyarakat dan calon anggota legislatif (caleg) untuk Kabupaten Padangpariaman, Propinsi Sumatera Barat dan DPR RI.

“Sebagai basis pengembangan dan pendidikan para ulama, pesantren tentu juga perlu mengembangkan nilai-nilai positif untuk mensyiarkan agama Islam. Salah satunya dengan menyelenggarakan zikir bersama ini tentu diharapkan adanya semarak tahun baru umat Islam , yakni Hijriyah. Sehingga selain bernilai ibadah dengan berzikir, sekaligus menyemarahkan tahun baru tersebut,” kata Syafrizal.

Dua anggota DPRD Sumbar yang juga caleg tampak hadir Dedy Edwar (Hanura), Siti Izzati Aziz (Golkar). Sedangkan caleg Sumbar lain juga hadir Ernawati dan Armaidi (PKB), Martias Mahyuddin (PBB), caleg DPR RI Mahyuddin (PPP) dan caleg Kabupaten Padangpariaman Ahmad Syukri (Golkar).

TIDAK ADA KOMENTAR

Tulis Komentar

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.