Beranda Daerah

Ansor Kota Bandung Bikin Pelatihan Kepemimpinan

BERBAGI
(foto: miftahgorbachev)

 

(foto: miftahgorbachev)
(foto: miftahgorbachev)

 

Bandung-berita9online, Ansor memiliki tugas merencanakan, mempersiapkan dan mengamalkan cita-cita perjuangan serta menyelamatkan dan mengembangkan hasil-hasil perjuangan yang dicapai oleh Gerakan Pemuda Ansor.

 

Ansor mempunyai tanggung jawab menjaga, memelihara dan menjamin kelangsungan hidup serta kejayaan organisasi Gerakan Pemuda Ansor khususnya dan Nahdlatul Ulama pada umumnya, serta dengan kekuatan komponen Bangsa yang lain untuk tetap menjaga dan menjamin keutuhan bangsa dan negara Indonesia dari segala ancaman, hambatan, gangguan dan tatangan yang dapat merongrong integritas dan keutuhan bangsa dan negara kesatuan Republik Indonesia.

 

Untuk itu Ansor Kota Bandung menggelar Pelatihan Kepemimpinan Dasar diikuti oleh peserta dari beberapa kecamatan, diantaranya: Buahbatu, Rancasari, Batununggal, Panyileukan, Regol, Bojongloa Kaler, Bojongloa Kidul, Cibiru, Bandung Kulon, Kiaracondong, Cinambo, Arcamanik, Sumur Bandung. Yang mana dari beberepa kecamatan ini disiapkan untuk pembentukan beberapa Pimpinan Ranting yang kosong dari kecamatan tersebut. Jumlah peserta 60 orang.

 

Pelatihan yang digelar pada Jumat-Minggu, 25-27 Oktober 2013 itu bertempat di Pondok Pesantren Cijawura. Kel. Cijawura Buahbatu Kota Bandung.

 

Ketua Panitia, Endan Nasrudin Fadil, S.Pd.I. mengutarakan dari 78 anggota anggota yang mendaftarkan diri ke sekretariat hanya 60 orang yang dapat mengikuti. Konfirmasi yang kami terima 18 orang yang tidak bisa mengikuti dikarenakan sakit, terbentur waktu dengan keterikatan kerja.

 

Tujuan dari PKD adalah memberikan pembekalan kepada para kader guna menumbuhkan sikap jasmani yang tegas dan tangkas, rasa persatuan, disiplin, sehingga senantiasa dapat mengutamakan kepentingan tugas, kepentingan individu dan secara tidak langsung juga menanamkan rasa tanggung jawab.

 

Yang dimaksud dengan menumbuhkan sikap jasmani yang tegas dan tangkas adalah mengarahkan pertumbuhan tubuh yang diperlukan oleh tugas tersebut dengan sempurna. Rasa persatuan adalah adanya rasa senasib dan sepenanggungan serta ikatan batin yang sangat diperlukan dalam menjalankan tugas.

 

Disiplin, pengutamaan kepentingan tugas diatas kepentingan individu yang hakekatnya tidak lain daripada keikhlasan menyisihkan pilihan hati sendiri. Rasa tanggung jawab adalah keberanian untuk bertindak yang mengandung resiko terhadap dirinya tetapi menguntungkan tugas atau sebaliknya tidak mudah melakukan tindakan yang akan dapat merugikan kesatuan.

 

Ketua PC GP Ansor Kota Bandung, Aa Abdul Rozak, M.Ag. memaparkan bahwa Pendidikan Kepemimpinan Dasar I (PKD) merupakan gerbang awal untuk menjadi kader Ansor Kota Bandung serta bagian dari jenjang pendidikan formal kader untuk lebih meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia baik sisi intelektual dan kemampuan fisik serta mental yang handal. Para calon kader yang mengikuti berdasarkan dengan kriteria dan kualifikasi sebagaimana diatur dalam Peraturan Organisasi (PO).

 

“Selamat datang sahabat-sahabat di Keluarga Besar Ansor Kota Bandung, jadilah intelektual-intelektual organik yang selalu memperbaharui pemikiran untuk senantiasa menjaga tradisi lama yang baik dan menginovasikan tradisi baru yang lebih baik. Make the change of smallest things in the environment we”, kata Abdul Rozak

 

Ketua Dewan Penasehat Ansor Kota Bandung, Drs.H.Agustani Kirtadiredja, mensupport dan mengapresiasi atas kinerja Panitia yang sudah mensukseskan agenda yang sangat mulia ini karena poros utama dalam organisasi adalah kaderisasi dan pemberian suplemen keilmuan.

 

“Pendidikan Kepemimpinan Dasar merupakan bagian penting dalam memupuk mental dan spiritual kader Gerakan Pemuda Ansor. Demikian regenerasi kader juga merupakan tanggung jawab bersama sebagai tonggak estafet kepemimpinan dan sustainability sistem kaderisasi GP Ansor dan Nahdlatul Ulama”jelas Agustani.

 

Adapun rundown fasilitator yang kami siapkan, KH.Maftuh Kholil (Ketua PCNU Kota Bandung), Drs.KH.Habib Syarief Muhammad Alaydarus (Pimp. Pontren Assalam Bandung), Ust. Yazid kalam (Mantan Ketua Ansor), Ust.Wahyul Afif Al-Ghofiqi (Mantan Ketua PC PMII Kota Bandung&Sekretaris Dewan Penasehat Ansor).(miftah gorbachev)

2 KOMENTAR

Tulis Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.