Beranda Alam Hijau

Queensland, Pusat Penangkaran Koala Terbesar di Dunia

BERBAGI
gb koala
Koala, binatang endemik Australia (gb nfw)
gb koala
Koala, binatang endemik Australia (gb nfw)

berita9online, Anda pencinta koala? Kondisi hewan khas Australia yang menggemaskan dan kerjanya tidur seharian ini memang belum dalam keadaan terancam. Tapi, maraknya penebangan pohon bisa melenyapkan populasi koala di muka bumi. Radio Australia mengunjungi penangkaran koala untuk mencari tahu apa saja ancaman yang dihadapi koala dan bagaimana mengurangi ancaman tersebut.

 

Hewan jenis mamalia marsupialia, atau kelompok mamalia yang jenis betinanya memiliki kantung perut untuk menyimpan bayinya, ini dianggap unik.

“Koala menjadi unik karena hewan ini berbentuk seperti beruang, tetapi hidup bergelantungan di pohon-phon dan betinanya memiliki kantung perut,” ujar Karen, salah satu penjaga koala di Lone Park, Queensland.

 

Lone Pine Koala Sanctuary adalah pusat penangkaran koala pertama dan terbesar di dunia yang berada di negara bagian Queensland, Australia. Jumlah koala di tempat ini mencapai lebih dari 100 ekor.

Pusat penangkaran yang letaknya sekitar 1 jam dari pusat kota Brisbane ini memiliki luas lebih dari lima hektar dan menjadi rumah bagi hewan-hewan khas Australia, yang sengaja dikembangbiakkan agar populasinya bisa terjaga, selain juga menjadi tarik wisatawan dari dalam dan luar Australia.

 

Selain koala, di tempat ini pun Anda bisa menemukan kangguru, platipus, dingo, buaya, ular, dan beberapa jenis burung pemangsa yang hanya bisa ditemukan di benua Australia.

Menurut Karen, koala memang belum dikategorikan sebagai hewan yang punah, tetapi populasinya dalam keadaan bahaya.

“Populasi mereka terancam, jumlahnya di alam bebas semakin berkurang,” jelas Karen.

“Penyebabnya adalah kehilangan habitat untuk tinggal.”

 

Habitat utama koala adalah pepohonan. Semakin banyak pohon yang ditebang, maka koala ini kehilangan tempat tinggalnya. Kebanyakan koala tinggal di pohon eucalyptus atau sejenis phon kayu putih, yang juga menjadi makanan utamanya.

“Menjaga populasi adalah hal yang penting Atau menanam kembali pohon kayu putih di hutan-hutan yang pernah ditebang, ini juga langkah yang besar untuk menyelamatkan populasi koala di Australia,” tegas Karen.(radio australia)

Tulis Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.