Beranda Alam Hijau

Empat Tahun Hanya Mekar 7 Kali

BERBAGI
Bunga Raflesia (foto: trussty-jasmine)
Bunga Raflesia (foto: trussty-jasmine)
Bunga Raflesia (foto: trussty-jasmine)

 

 

Bogor–berita9online, Rafflesia Patma atau dikenal dengan sebutan bunga bangkai kembali mekar di Kebun Raya Bogor (KRB), kemarin. Mekarnya bungan ini merupakan yang ke 7 sejak 2010.

 

Berdiameter 38 centi meter (cm) dan lingkar badan 70 cm, menjadikan bunga ini menjadi yang terbesar dan tercepat masa mekarnya. Bunga ini pun jadi tujuan para wisatawan yang bermain dan berlibur di KRB.
“Ini adalah kesempatan langka, ditambah karena September tahun lalu, sempat mekar tapi gagal, kalau bunga bangkai yang ini, selain mekar ditambah bentuknya yang sempurna,” kata Peneliti di Kebun Raya Bogor, Sofi Mursidawati.
Sofi menjelaskan, setiap bunga Rafflesia Patma yang mekar di KRB, memiliki keunikannya tersendiri. Seperti pada September 2013, helai mahkota (perigone) pertama telah terangkat sejak sore hari, namun memerlukan waktu lebih dari 24 jam bagi 4 helai lainnya, untuk terbuka dan berakhir dengan gagal mekar sempurna.

 

“Waktu mekarnya mungkin 2 hari, tidak mungkin bisa lama karena Kebun Raya bukan habitat aslinya,” katanya.
Pengunjung KRB Bogor mengaku beruntung bisa mellihat bunga langka itu. “Saya sangat bangga sekaligus beruntung karena dapat melihat bunga bangkai secara langsung, niat awal memang mau liburan tapi bertepatan dengan mekar bunga bangkai ini, ditambah saya ini guru biologi jadi senang sekali,” kata Rina salah satu pengunjung Kebun Raya Bogor. (cr30/c/jpnn)

Tulis Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.