Beranda Alam Hijau

Arkeolog Australia Penemu “Hobbit” di Flores Meninggal Dunia

BERBAGI
gb. mikemorwood
(gb. australiangeographic)
gb. mikemorwood
(gb. australiangeographic)

berita9online, Arkeolog ternama asal Australia, Mike Morwood yang berjasa menemukan jenis manusia purba “Hobbit” di Flores, Indonesia, meninggal dunia dalam usia 62 setelah menderita penyakit kanker.┬áPara koleganya menyebut kepergian Morwood sebagai hari yang menyedihkan bagi kalangan arkeologi.

 

Arkeolog dari Universitas Wollongong ini terkenal dengan penemuan spesis manusia purba, Homo Floresiensis, yang dikenal dengan sebutan “Hobbit” di wilayah Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur.

 

Professor Morwood beberapa waktu terakhir sedang meneliti seni lukis batu di gua-gua wilayah Australia Barat.

Kematiannya minggu ini menyusul perjuangannya melawan penyakit kanker yang dideritanya.

Seorang koleganya, Fiona Hook, mengenang Morwood dengan kontribusi besarnya bagi ilmu pengetahuan.

 

“Professor Morwood adalah peneliti yang tak kenal lelah dengan minat penelitian di wilayah Asia Pasifik dan Australasia,” katanya.

 

Morwood memulai karirnya dengan penelitian seni lukis batu Aborigin di Kimberley, yang kemudian diteliti kaitannya dengan kelompok manusia pertama asal Asia yang datang ke benua Australia di masa purba.

 

Rekan Morwood lainnya, Professor Bert Roberts, mengatakan, jasanya dalam penemuan “Hobbit” merupakan pencapaian luar biasa bagi seorang arkeolog.

 

“Kenyataan bahwa dia bisa menemukan jenis spesis baru manusia, ya, berapa banyak arkeolog yang pernah mencapai hal itu?” katanya(abc-Australia)

Tulis Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.